SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH
STIT PALAPA NUSANTARA LOMBOK NTB
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH
IBTIDAIYAH
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
|
Nomor
|
: 02/PGMI/IX/2016
|
|
Tgl Penetapan
|
: 14 September 2016
|
||
Tgl Revisi
|
: 15 September 2015
|
||
Waktu
|
: -
|
1. Identitas
a) Jurusan / Prodi : Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah
b) Nama Mata Kuliah *) : Psikologi Belajar
c) Kode Mata Kuliah *) :
d) Semester / SKS : III / 2
e) Jenis Mata Kuliah :
Wajib
f)
Prasyarat *) : Pengantar
Psikologi
g) Dosen / Tim Dosen :
Asbullah Muslim, S.Fil.I, M.Pd.I
h) Deskripsi Singkat
Mata
kuliah mengenalkan konsep belajar dan bagaimana proses belajar terjadi pada
kehidupan sehari-hari dan dalam proses pendidikan. Mahasiswa akan mempelajari
mengenai konsep, prinsip, proses, dan penelitian mengenai belajar, sejarah
teori belajar, ciri khas teori belajar yang banyak digunakan, dan implikasi
teori belajar dalam bidang pendidikan.
- Mahasiswa
memahami konsep, prinsip, dan proses belajar
- Mahasiswa
mengetahui penelitian-penelitian mengenai belajar dalam seting pendidikan
- Mahasiswa
memahami sejarah teori belajar dan para tokohnya.
- Mahasiswa
mampu memberikan contoh belajar sehari-sehari yang dikaitkan dengan tokoh yang
sudah dipelajari
- Mahasiswa
memahami konsep-konsep yang berkaitan dengan belajar seperti self regulation,
self efficacy, dan motivasi
j) Komponen Penilaian
- Kemampuan
mahasiswa menguasai materi yang sudah dipelajari melalui tes tertulis
- Kemampuan
menyampaikan konsep/pandangan melalui presentasi
- Kemampuan
memberikan gagasan tertulis mengenai konsep belajar.
k) Kriteria Penilaian
-
UTS memiliki bobot 20%
-
UAS memiliki bobot 30%
-
Tugas memiliki bobot 10%
- Presentasi
memiliki bobot 40%
l) Daftar Referensi
- Olson,
M.H, Hergenhahn, B.R. 2009. An Introduction to Theories of Learning. Prentice
Hall
- Schunk,
D.H. 2012. 6th ed. Learning Theories: An Educational Perspective.
m)
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Minggu
|
Kemampuan Akhir yang Diharapkan
|
Bahan Kajian
(Materi Ajar)
|
Bentuk Pembelajaran
|
Kriteria/Indikator
Penilaian
|
Bobot Nilai
|
Standar Kompetensi Profesi
|
1
|
Mahasiswa mengetahui peraturan di kelas,
mahasiswa mengetahui apa yang akan dipelajari selama satu semester, mahasiswa
mengetahui proses belajar yang akan diikuti selama satu semester.
|
Peraturan kelas
|
ceramah
|
--
|
--
|
---
|
2
|
Mahasiswa dapat menjelaskan definisi belajar, sejarah teori belajar,
penelitian belajar, cara menilai hasil belajar, isu2 dalam belajar
|
-
Definisi belajar
-
Sejarah teori belajar modern
-
Assessment of learning
-
Isu dalam teori belajar
|
Presentasi
|
-
Kemampuan menjelaskan teori
-
Pemahaman teori
-
Kemampuan memberikan contoh nyata
|
||
3
|
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep behaviorism yang
dikaitkan dengan belajar
|
Behaviorism:
- connectionism,
classical
- conditioning,
- contiguos
conditioning
|
presentasi
|
-
Kemampuan menjelaskan teori
-
Pemahaman teori
-
Kemampuan memberikan contoh nyata
|
||
4
|
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep behaviorism yang
dikaitkan dengan belajar
|
Behaviorism :
-
operant conditioning,
-
instructional application,
-
instructional application
|
presentasi
|
-
Kemampuan menjelaskan teori
-
Pemahaman teori
-
Kemampuan memberikan contoh nyata
|
||
5
|
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep constructivism yang
dikaitkan dengan belajar
|
Constructivism:
-
assumption and perspective
-
piaget
-
vygotsky, private speech and socially mediated learning
|
presentasi
|
-
Kemampuan menjelaskan teori
-
Pemahaman teori
-
Kemampuan memberikan contoh nyata
|
||
6
|
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep constructivism yang
dikaitkan dengan belajar
|
Constructivism:
-
motivation
-
constuctivist learning
-
instructional application
|
presentasi
|
-
Kemampuan menjelaskan teori
-
Pemahaman teori
-
Kemampuan memberikan contoh nyata
|
||
7
|
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep social cognitive
yang dikaitkan dengan belajar
|
Social Cognitive:
-
conceptual framework for learning
-
modelling process
-
influences on Learning and Performance
|
presentasi
|
-
Kemampuan menjelaskan teori
-
Pemahaman teori
-
Kemampuan memberikan contoh nyata
|
||
8
|
UTS
|
|||||
9
|
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep social cognitive
yang dikaitkan dengan belajar
|
Social Cognitive:
-
motivational Process
-
self efficacy
-
instructional application
|
presentasi
|
-
Kemampuan menjelaskan teori
-
Pemahaman teori
-
Kemampuan memberikan contoh nyata
|
||
10
|
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep information
processing yang dikaitkan dengan belajar
|
Information processing
-
information Processing system
-
attention
-
Perception
-
STM
|
presentasi
|
-
Kemampuan menjelaskan teori
-
Pemahaman teori
-
Kemampuan memberikan contoh nyata
|
||
11
|
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep information
processing yang dikaitkan dengan belajar
|
Information processing
-
LTM: storage
-
LTM: retrieval and forgetting
-
Mental Imagery
-
Instructional Application
|
presentasi
|
-
Kemampuan menjelaskan teori
-
Pemahaman teori
-
Kemampuan memberikan contoh nyata
|
||
12
|
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep cognitive learning
process yang dikaitkan dengan belajar
|
Cognitive
Learning Process:
-
Skill acquisition
-
Conditional knowledge and metacogntion
-
Concept learning
|
presentasi
|
-
Kemampuan menjelaskan teori
-
Pemahaman teori
-
Kemampuan memberikan contoh nyata
|
||
13
|
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep cognitive learning process
yang dikaitkan dengan belajar
|
Cognitive
Learning Process:
-
Problem solving
-
Transfer
-
Motivasi : model of motivated learning
|
presentasi
|
-
Kemampuan menjelaskan teori
-
Pemahaman teori
-
Kemampuan memberikan contoh nyata
|
||
14
|
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep motivasi yang
dikaitkan dengan belajar
|
Motivasi:
-
Achievement motivation
-
Attribution theory
-
Goal theory
-
Perceived Control
-
Intrinsic motivation
|
presentasi
|
-
Kemampuan menjelaskan teori
-
Pemahaman teori
-
Kemampuan memberikan contoh nyata
|
||
15
|
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep neuroscience of
learning yang dikaitkan dengan belajar
|
Neuroscience of Learning:
-
Organization and structures
-
Neurphysiology of learning
-
Brain development
|
presentasi
|
-
Kemampuan menjelaskan teori
-
Pemahaman teori
-
Kemampuan memberikan contoh nyata
|
||
16
|
UAS
|
n) DESKRIPSI
TUGAS
Mata Kuliah
|
: Psikologi Belajar
|
Kode MK
|
: PSY 211
|
Minggu ke
|
: 2-14
|
Tugas ke
|
:
|
Tujuan Tugas:
|
Agar mahasiswa paham apa yang temannya presentasikan
|
Uraian Tugas:
|
a. Obyek :
presentasi teman
|
b. Yang Harus Dikerjakan dan
Batasan-Batasan
Membuat catatan dari presentasi teman berdasarkan
pemahamannya sendiri
|
|
c.
Metode/Cara
Kerja/Acuan yang Digunakan
Tertulis
|
|
d. Dekripsi Luaran Tugas yang
Dihasilkan
Hasil tertulis
|
|
Kriteria Penilaian:
|
Ketepatan dengan teori dan pemahaman presentasi teman
|
o) RUBRIK
PENILAIAN
(Keterangan: format umum
adalah yang di bawah ini, namun Prodi dapat membuat format tersendiri, sesuai
dengan penilaian yang akan dibuat. Misalnya untuk penilaian presentasi atau
penilaian praktek memiliki rubrik yang berbeda, jadi bisa lebih dari 1 rubrik
untuk setiap mata kuliah)
Jenjang/Grade
|
Angka/Skor
|
Deskripsi/Indikator
Kerja
|
p) PENUTUP
Rencana Pembelajaran Semester
(RPS) ini berlaku mulai tanggal 29
bulan Agustus tahun 2016,
untuk mahasiswa UPJ Tahun Akademik 2016/2017 dan seterusnya. RPS ini
dievaluasi secara berkala setiap semester dan akan dilakukan perbaikan jika
dalam penerapannya masih diperlukan penyempurnaan.
q) STATUS
DOKUMEN
Proses
|
Penanggung Jawab
|
Tanggal
|
|
Nama
|
Tandatangan
|
||
1. Perumusan
|
Asbullah Muslim,
S.Fil.I, M.Pd.I
Dosen
Penyusun/Pengampu
|
||
2. Pemeriksaan & Persetujuan
|
Asbullah Muslim,
S.Fil.I, M.Pd.I
Ketua Prodi
|
||
3. Penetapan
|
Lalu A Hery Qusyairi,
S.Pd.Sd. M.Pd.
Wakil Rektor
|
0 comments:
Post a Comment