Penggiat Pendidikan dan Budaya

Yayasan Elkatarie

Friday, April 28, 2017

Contoh RPS (Rencana Pembelajaran Semester)





 

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH
STIT PALAPA NUSANTARA LOMBOK NTB
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Nomor
: 02/PGMI/IX/2016
Tgl Penetapan
: 14 September 2016
Tgl Revisi
: 15 September 2015
Waktu
: -


1.    Identitas
a)       Jurusan / Prodi                          : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
b)       Nama Mata Kuliah *)                  : Psikologi Belajar
c)       Kode Mata Kuliah *)       :
d)       Semester / SKS                                    : III / 2
e)       Jenis Mata Kuliah                      : Wajib
f)        Prasyarat *)                               : Pengantar Psikologi
g)       Dosen / Tim Dosen                    : Asbullah Muslim, S.Fil.I, M.Pd.I

h)    Deskripsi Singkat
Mata kuliah mengenalkan konsep belajar dan bagaimana proses belajar terjadi pada kehidupan sehari-hari dan dalam proses pendidikan. Mahasiswa akan mempelajari mengenai konsep, prinsip, proses, dan penelitian mengenai belajar, sejarah teori belajar, ciri khas teori belajar yang banyak digunakan, dan implikasi teori belajar dalam bidang pendidikan.  

i)      Unsur Capaian Pembelajaran
-       Mahasiswa memahami konsep, prinsip, dan proses belajar 
-       Mahasiswa mengetahui penelitian-penelitian mengenai belajar dalam seting pendidikan
-       Mahasiswa memahami sejarah teori belajar dan para tokohnya.
-       Mahasiswa mampu memberikan contoh belajar sehari-sehari yang dikaitkan dengan tokoh yang sudah dipelajari
-       Mahasiswa memahami konsep-konsep yang berkaitan dengan belajar seperti self regulation, self efficacy, dan motivasi

j)     Komponen Penilaian
-       Kemampuan mahasiswa menguasai materi yang sudah dipelajari melalui tes tertulis
-       Kemampuan menyampaikan konsep/pandangan melalui presentasi
-       Kemampuan memberikan gagasan tertulis mengenai konsep belajar.

k)    Kriteria Penilaian
-       UTS memiliki bobot 20%
-       UAS memiliki bobot 30%
-       Tugas memiliki bobot 10%
-       Presentasi memiliki bobot 40%

l)      Daftar Referensi
-       Olson, M.H, Hergenhahn, B.R. 2009. An Introduction to Theories of Learning. Prentice Hall
-       Schunk, D.H. 2012. 6th ed. Learning Theories: An Educational Perspective.  

m)  RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Minggu
Kemampuan Akhir yang Diharapkan
Bahan Kajian
(Materi Ajar)
Bentuk Pembelajaran
Kriteria/Indikator Penilaian
Bobot Nilai
Standar Kompetensi Profesi
1
 Mahasiswa mengetahui peraturan di kelas, mahasiswa mengetahui apa yang akan dipelajari selama satu semester, mahasiswa mengetahui proses belajar yang akan diikuti selama satu semester.

 Peraturan kelas
ceramah
--
--
---
2
Mahasiswa dapat menjelaskan definisi belajar, sejarah teori belajar, penelitian belajar, cara menilai hasil belajar, isu2 dalam belajar 

-       Definisi belajar
-       Sejarah teori belajar modern
-       Assessment of learning
-       Isu dalam teori belajar
Presentasi
-       Kemampuan menjelaskan teori
-       Pemahaman teori
-       Kemampuan memberikan contoh nyata



3
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep behaviorism yang dikaitkan dengan belajar
Behaviorism:
-       connectionism, classical
-       conditioning,
-       contiguos conditioning
presentasi
-       Kemampuan menjelaskan teori
-       Pemahaman teori
-       Kemampuan memberikan contoh nyata



4
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep behaviorism yang dikaitkan dengan belajar
Behaviorism :
-       operant conditioning,
-       instructional application,
-       instructional application
presentasi
-       Kemampuan menjelaskan teori
-       Pemahaman teori
-       Kemampuan memberikan contoh nyata



5
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep constructivism yang dikaitkan dengan belajar
Constructivism:
-       assumption and perspective
-       piaget
-       vygotsky, private speech and socially mediated learning

presentasi
-       Kemampuan menjelaskan teori
-       Pemahaman teori
-       Kemampuan memberikan contoh nyata



6
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep constructivism yang dikaitkan dengan belajar
Constructivism:
-       motivation
-       constuctivist learning
-       instructional application
presentasi
-       Kemampuan menjelaskan teori
-       Pemahaman teori
-       Kemampuan memberikan contoh nyata



7
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep social cognitive yang dikaitkan dengan belajar
Social Cognitive:
-       conceptual framework for learning
-       modelling process
-       influences on Learning and Performance
presentasi
-       Kemampuan menjelaskan teori
-       Pemahaman teori
-       Kemampuan memberikan contoh nyata



8

UTS




9
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep social cognitive yang dikaitkan dengan belajar
Social Cognitive:
-       motivational Process
-       self efficacy
-       instructional application
presentasi
-       Kemampuan menjelaskan teori
-       Pemahaman teori
-       Kemampuan memberikan contoh nyata



10
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep information processing yang dikaitkan dengan belajar
Information processing
-       information Processing system
-        attention
-       Perception
-       STM
presentasi
-       Kemampuan menjelaskan teori
-       Pemahaman teori
-       Kemampuan memberikan contoh nyata



11
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep information processing yang dikaitkan dengan belajar
Information processing
-       LTM: storage
-       LTM: retrieval and forgetting
-       Mental Imagery
-       Instructional Application
presentasi
-       Kemampuan menjelaskan teori
-       Pemahaman teori
-       Kemampuan memberikan contoh nyata



12
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep cognitive learning process yang dikaitkan dengan belajar
Cognitive Learning Process:
-       Skill acquisition
-       Conditional knowledge and metacogntion
-       Concept learning
presentasi
-       Kemampuan menjelaskan teori
-       Pemahaman teori
-       Kemampuan memberikan contoh nyata



13
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep cognitive learning process yang dikaitkan dengan belajar
Cognitive Learning Process:
-       Problem solving
-       Transfer
-       Motivasi : model of motivated learning
presentasi
-       Kemampuan menjelaskan teori
-       Pemahaman teori
-       Kemampuan memberikan contoh nyata



14
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep motivasi yang dikaitkan dengan belajar
Motivasi:
-       Achievement motivation
-       Attribution theory
-       Goal theory
-       Perceived Control
-       Intrinsic motivation
presentasi
-       Kemampuan menjelaskan teori
-       Pemahaman teori
-       Kemampuan memberikan contoh nyata



15
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep neuroscience of learning yang dikaitkan dengan belajar
Neuroscience of Learning:
-       Organization and structures
-       Neurphysiology of learning
-       Brain development
presentasi
-       Kemampuan menjelaskan teori
-       Pemahaman teori
-       Kemampuan memberikan contoh nyata



16

UAS






n)  DESKRIPSI TUGAS
Mata Kuliah
: Psikologi Belajar
Kode MK
: PSY 211
Minggu ke
: 2-14
Tugas ke
:

Tujuan Tugas:
Agar mahasiswa paham apa yang temannya presentasikan
Uraian Tugas:
a.       Obyek : presentasi teman


b.       Yang Harus Dikerjakan dan Batasan-Batasan
Membuat catatan dari presentasi teman berdasarkan pemahamannya sendiri

c.        Metode/Cara Kerja/Acuan yang Digunakan
Tertulis

d.       Dekripsi Luaran Tugas yang Dihasilkan
Hasil tertulis
Kriteria Penilaian:
Ketepatan dengan teori dan pemahaman presentasi teman



o)       RUBRIK PENILAIAN
(Keterangan: format umum adalah yang di bawah ini, namun Prodi dapat membuat format tersendiri, sesuai dengan penilaian yang akan dibuat. Misalnya untuk penilaian presentasi atau penilaian praktek memiliki rubrik yang berbeda, jadi bisa lebih dari 1 rubrik untuk setiap mata kuliah)
Jenjang/Grade
Angka/Skor
Deskripsi/Indikator Kerja


























p)       PENUTUP
Rencana Pembelajaran Semester (RPS) ini berlaku mulai tanggal 29 bulan Agustus tahun 2016, untuk mahasiswa UPJ Tahun Akademik 2016/2017 dan seterusnya. RPS ini dievaluasi secara berkala setiap semester dan akan dilakukan perbaikan jika dalam penerapannya masih diperlukan penyempurnaan.

q)       STATUS DOKUMEN
Proses
Penanggung Jawab
Tanggal
Nama
Tandatangan
1.    Perumusan
Asbullah Muslim, S.Fil.I, M.Pd.I
Dosen Penyusun/Pengampu


2.    Pemeriksaan & Persetujuan
Asbullah Muslim, S.Fil.I, M.Pd.I
Ketua Prodi


3.    Penetapan
Lalu A Hery Qusyairi, S.Pd.Sd. M.Pd.
Wakil Rektor





Share:

0 comments:

Post a Comment

SINTA

GOOLE SCOLAR

GOOLE SCOLAR
scolar penulis

JURNAL ELKATARIE

Flag Conter

Flag Counter

Hiburan

KUNJUNGI

SANDIWARA RADIO

SANDIWARA RADIO MARI DENGARKAN sandiwara radio yang semakin lama makin memudar Babad Tanah Leluhur 1. Api Berkobar Di karang Sedana ...

RISTEK DIKTI

Kopertais surabaya

About Me

PEDULI TERHADAP PENDIDIKAN DAN BUDAYA