SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH
STIT PALAPA NUSANTARA LOMBOK NTB
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
|
Nomor
|
: 01/PGMI/IX/2016
|
|
Tgl
Penetapan
|
: 14
September 2016
|
||
Tgl
Revisi
|
: 15
September 2015
|
||
Waktu
|
: -
|
A. IDENTITAS
1. Jurusan / Prodi :
Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah
2. Nama Mata Kuliah *) :
Pengantar Filsafat
3. Kode Mata Kuliah *) :
4. Semester / SKS : I / 2
5. Jenis Mata Kuliah : Wajib
6. Prasyarat *) : -
7. Dosen / Tim Dosen : Asbullah Muslim, S.Fil.I,
M.Pd.I
B. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
1. Sikap:
a. Mahasiswa mampu berpikir secara
kritis, mendalam, dan sisematis.
b. Mahasiswa mampu bersikap bijaksana
dalam memandang segala sesuatu dengan memperhatikan unsur hakikat dari segala
sesuatu.
c. Mahasiswa mampu membawa dan
memposiskan diri ditengah penerimaan dan penolakan Islam terhadap filsafat.
2. Pengetahuan:
a. Mahasiswa mengetahui metode
berpikir filosofis.
b. Mahasiswa mengetahui perkembangan
pemikiran filsafat dari filsafat Yunani kuno sampai dengan terjadinya kontak
antara filsafat Yunani dengan Islam.
c. Mahasiswa mengetahui kritik tokoh
Islam terhadap pemikiran filsafat yunani Kuno serta internallisasi paham
filsafat kedalam Islam.
3. Keterampilan:
a. Mahasiswa mampu menyebutkan dan
menjelaskan lahirnya filsafat Yunani, perkembangannya sampai dengan terjadinya
kontak antara filsafat Yunani dengan Islam.
b. Mahasiswa mampu mengkritisi setiap
konsep pemikiran filsuf.
c. Mahasiswa mampu mengaplikasikan
metode berpikir secara filosofis dalam memberikan argumentasi terhadap sesuatu.
C. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata
kuliah Pengantar Filsafat ini, memiliki bobot dua SKS. Oleh karena mata kuliah
ini merupakan sebuah pegantar, maka yang dibahas dalam mata kuliah ini
merupakan bentuk penjelasan mengenai filsafat yang bersifat dasar. Meliputi
pengertian filsafat, metode filsafat, manfaat mempelajari filsafat dan
seterusnya. Pada mata kuliah ini juga dibahas sejarah lahirnya filsafat Yunani,
perkembangan filsafat Yunani, sampai dengan terjadinya kontak antara filsafat
Yunani dengan Islam. Kemudain pada akhir perkuliahan dibahas pula pemikiran
filsafat Ilsam dari filsuf muslim al-Kindi, serta dibahas pula kritik tajam
al-Ghazali terhadap para filosof guna memperkaya kahazanah pengetahuan
mahasiswa.
D. MATRIKS PEMBELAJARAN
No.
|
Perte-
muan ke
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Materi
Perkuliahan
|
Bentuk Perkuliahan
|
Penilaian
|
Referensi
|
||
Metode/media/ sumber belajar
|
Aktivitas Mahasiswa
|
Indikator
|
Jenis
|
|||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
1
|
1
|
Mahasiswa
mengetahui pengertian filsafat, ciri berfikir, metode berfikir, faedah,
sistematika pembagian filsafat dan aliran-aliran filsafat.
|
Konsep
Umum Filsafat
§ Pengertian filsafat (etimologi, terminologi)
§ Ciri berfikir filsafat
§ Metode berfikir filsafat
§ Faedah mempelajari filsafat
§ Sistematika pembagian filsafat
§ Aliran-aliran di dalam filsafat
|
Presentasi, tanya-jawab/ makalah, laptop, proyektor/
ceramah.
|
Mahasiswa
mempelajari pengertian filsafat, ciri berfikir, metode berfikir, faedah,
sistematika pembagian filsafat dan aliran-aliran filsafat.
|
Menjelaskan
definisi, faedah, cara mempelajari, ciri berfikir filsafat, dan metode
berfikir filsafat .
|
Penugasan
(Resume)
Presentasi
(diskusi
kelas
post
test
|
Lihat
daftar referensi wajib dan referensi pendukung
|
2
|
2
|
Mengertahui
lahirnya dan konsep pemikiran filsafat Yunani, perbedaan mythos dan logos,
serta hubungan antara filsafat, agama dan ilmu pegetahuan.
|
Filsafat Yunani
§ Kelahiran Filsafat di Yunani
§ Antara Mythos dan Logos
§ Hubungan Filsafat, agama dan ilmu pengetahuan.
|
Presentasi, diskusi, ceramah/ laptop, proyektor
|
Mahasiswa
mengkaji dan menganalisa lahirnya dan konsep pemikiran filsafat Yunani,
perbedaan mythos dan logos, serta hubungan antara filsafat, agama dan ilmu
pengetahuan.
|
Mahasiswa
mampu memahami lahirnya dan konsep pemikiran filsafat Yunani, perbedaan
mythos dan logos, serta hubungan antara filsafat, agama dan ilmu pengetahuan
|
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
|
Lihat
daftar referensi wajib dan referensi pendukung
|
3
|
3
|
Mengetahui
pemikiran filsafat Yunani sebelum Sokrates.
|
Filsafat pra-Sokrates
§ Filsafat Alam (aliran Monisme)
§ Thales
§ Anaximandros
§ Anaximenes
§ Heraklietos
|
Presentasi, tanya-jawab/ makalah, laptop, proyektor/
ceramah.
|
Mahasiswa
mempelajari pemikiran tokoh-tokoh filsafat Yunani sebelum Sokrates.
|
Mahasiswa
memahami aliran filsfat pra-Sokrates, konsep filsafat alam, serta beberapa
tokoh pra-Sokrates
|
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
|
Lihat
daftar referensi wajib dan referensi pendukung
|
4
|
4
|
Mengetahui
konsep pemikiran filsafat Pythagoras, da n aliran-alirannya.
|
Pythagoras dan Alirannya
§ Filsafatnya tentang Manusia
§ Filsafatnya tentang
Alam
§ Filsafat Matematika
|
Presentasi, diskusi, ceramah/ laptop, proyektor
|
Mehasiswa
mengkaji konsep pemikiran filsafat Pythagoras, da n aliran-alirannya.
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan konsep pemikiran Pythagoras, serta aliran filsafatnya
(filsafat manusia, alam, dan matematika)
|
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
|
Lihat
daftar referensi wajib dan referensi pendukung
|
5
|
5
|
Mengetahui
peta pemikiran filsafat alam kembali (kaum pluralis)
|
Filsafat Alam Kembali (Kaum Pluralis)
§ Ajaran tentang Empat Unsur
§ Ajaran Mengenai Cinta dan Benci
|
Presentasi, tanya-jawab/ makalah, laptop, proyektor/
ceramah.
|
Mahasiswa
mempelajari peta pemikiran filsafat alam kembali (kaum pluralis) dan
ajarannya.
|
Mahasiswa
memahami peta pemikiran filsafat alam kembali (kaum pluralis) berikut
ajarannya tentang empat unsur, cinta dan benci.
|
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
|
Lihat
daftar referensi wajib dan referensi pendukung
|
6
|
6
|
Mengetahui
pemikiran Sokrates, masa peralihan, metode dan ajaran Sokrates.
|
Filsafat Sokrates (Masa Peralihan dari Filsafat Alam ke Filsafat
Manusia dari Ontologi ke Epistemologi)
§ Kaum Sofis (Kelahiran dan Pemikiran Kaum Sofis)
§ Metode Sokrates: Kritis dan Dialektis
§ Ajaran Etika
|
Presentasi, diskusi, ceramah/ laptop, proyektor
|
Mahasiswa
menganalisa pemikiran Sokrates, masa peralihan, metode dan ajaran Sokrates
|
Mahasiswa
memahami alur peralihan filsafat alam (ontologi-epistemologi), kelahiran kaum
sofis, metode dan ajaran Sokrates tentang etika.
|
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
|
Lihat
daftar referensi wajib dan referensi pendukung
|
7
|
7
|
UTS
|
||||||
8
|
8
|
Mengetahui
pemikiran filsafat Plato, teori dan konsep-konsepnya.
|
Plato
§ Teori Tentang Idea
§ Etika
§ Negara Ideal
|
Presentasi, tanya-jawab/ makalah, laptop, proyektor/
ceramah.
|
Mahasiswa
mempelajari dan menganalisa pemikiran filsafat Plato, teori dan
konsep-konsepnya.
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan pemikiran filsafat Plato, teori dan konsep-konsepnya
(tentang idea, etika, dan negara ideal)
|
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
|
Lihat
daftar referensi wajib dan referensi pendukung
|
9
|
9
|
Mengetahui
pemikiran filsafat Aristoteles, ajaran dan teori-teorinya.
|
Aristoteles (Bapak Logika Tradisonal)
§ Logika
§ Fisika
§ Jiwa
§ Metafisika
§ Etika
|
Presentasi, diskusi, ceramah/ laptop, proyektor
|
Mahasiswa
mengkaji pemikiran filsafat Aristoteles, ajaran dan teori-teorinya.
|
Mahasiswa
memahami pemikiran filsafat Aristoteles, ajaran dan teori-teorinya (tentang
logika, fisika, jiwa, metafisika dan etika.
|
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
|
Lihat
daftar referensi wajib dan referensi pendukung
|
10
|
10
|
Mengetahui
pemikiran filsafat Neo Platonisme (pembaru pemikiran Plato)
|
Filsafat dan Agama (Neo Platonisme)
§ Teori Emanasi Tentang Penciptaan
|
Presentasi, tanya-jawab/ makalah, laptop, proyektor/
ceramah.
|
Mahasiswa
mempelajari pemikiran filsafat Neo Platonisme (pembaru pemikiran Plato)
|
Mahasiswa
mampu memahami pemikiran filsafat Neo Platonisme (pembaru pemikiran Plato)
serta teori emanasi.
|
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
|
Lihat
daftar referensi wajib dan referensi pendukung
|
11
|
11
|
Mengetahui
permulaan kontak Islam dengan Ilmu pengetahuan dan filsafat Yunani, serta
memahami kosnsep pemikiran beberapa filosof muslim.
|
Kontak
pertama antara Islam dan ilmu pengetahuan dan filsafat Yunani.
§ Filsafat Islam Ya’kub ibnu Ishaq al-Kindi
§ Abu Hamid Muhammad al-Ghazali (kritik terhadap
filosof-filosof, dan tiga golongan manusia)
|
Presentasi, diskusi, ceramah/ laptop, proyektor
|
Mahasiswa
mempelajari sejarah permulaan kontak Islam dengan Ilmu pengetahuan dan
filsafat Yunani, serta memahami kosnsep pemikiran beberapa filosof muslim.
|
Mahasiswa
memahami sejerah permulaan kontak Islam dengan Ilmu pengetahuan dan filsafat
Yunani, serta memahami kosnsep pemikiran beberapa filosof muslim (al-Kindi
dan al-Ghazali).
|
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
|
Lihat
daftar referensi wajib dan referensi pendukung
|
12
|
12
|
Memahami
Ihtisar Filsafat Barat Moderen
|
Filsafat
Barat Modern :
1.
Rasionalisme
2.
Empirisisme
|
Presentasi, diskusi, ceramah/ laptop, proyektor
|
Mahasiswa
mempelajari Definisi, Sejarah pemikiran dan
tokoh-tokoh penganut Rasiooonalisme dan empirisisme.
|
Mahasiswa
memahami Definisi, Sejarah pemikiran dan
tokoh-tokoh penganut Rasiooonalisme dan empirisisme
|
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
|
Lihat
daftar referensi wajib dan referensi pendukung
|
13
|
13
|
Memahami
Ihtisar Filsafat Barat Moderen
|
Filsafat
Barat Modern :
1.
Positivisem
2.
Eksistensialisme
|
Presentasi, diskusi, ceramah/ laptop, proyektor
|
Mahasiswa
mempelajari Definisi, Sejarah pemikiran dan
tokoh-tokoh penganut Positivisme dan Eksistensialisme.
|
Mahasiswa
memahami Definisi, Sejarah pemikiran dan
tokoh-tokoh penganut Positivisme dan Eksistensialisme
|
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
|
Lihat
daftar referensi wajib dan referensi pendukung
|
14
|
14
|
Memahami
Ihtisar Filsafat Barat Moderen
|
Filsafat
Barat Modern :
1.
Kritisisme
2.
Pragmatisme
|
Presentasi, diskusi, ceramah/ laptop, proyektor
|
Mahasiswa
mempelajari Definisi, Sejarah pemikiran dan
tokoh-tokoh penganut Kritisisme dan Pragmatisme.
|
Mahasiswa
memahami Definisi, Sejarah pemikiran dan
tokoh-tokoh penganut Kritisisme dan Pragmatisme
|
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
|
Lihat
daftar referensi wajib dan referensi pendukung
|
15
|
15
|
Memahami
Ihtisar Filsafat Barat Moderen
|
Filsafat
Barat Modern :
1.
Fenomenologi
2.
Posmodernisme
|
Presentasi, diskusi, ceramah/ laptop, proyektor
|
Mahasiswa
mempelajari Definisi, Sejarah pemikiran dan
tokoh-tokoh penganut Fenomenologi dan Posmodrenisme.
|
Mahasiswa
memahami Definisi, Sejarah pemikiran dan
tokoh-tokoh penganut Fenomenologi dan Posmodrenisme
|
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
|
Lihat
daftar referensi wajib dan referensi pendukung
|
16
|
16
|
UAS
|
E.
REFERENSI
1. Wajib.
a.
Atang
Abdul hakim, 2008, Filsafat Umum, Pustaka setia, Bandung
b.
Betrand
Russel, 2007, Sejarah Filsafat Barat , Pustaka Pelajar, Yogyakarta
c.
Harold
Titus, 1984, Persoalan Filsafat, Bulan Bintang, Jakarta
d.
Harun
Nasution, Falsafat dan Mistisisme dalam Islam, cet. ke-12, (Jakarta:
Bulan Bintang), 2010.
e.
Noeng
Muhadjir, 2003, Filsafat Islam Telaah Fungsional, Rake Serasun,
Yogyakarta
2. Pendukung.
a.
Dewey,
John, 1998, Budaya dan Kebebasan: Ketegangan antara Kebebasan Individu dan
Aksi Kolektif , terj. A. Rahman Zainuddin, Jakarta: YOI
b.
Don
Ihde, 2012, Filsafat Tekhnologi, Gramedia, Yoggyakarta
c.
Hadi,
Hardono, 1996, Jati Diri Manusia (Berdasar Filsafat Organisme
Whitehead), Yogyakarta: Kanisisus
d.
Hasan,
Fuad, 1992, Berkenalan Dengan Eksistensialisme, Jakarta: Pustaka Jaya
e.
Khuddori
Soleh, 2004, Wacana Baru filsafat
Islam, Pustaka Pelajar Yogyakarta
f.
Rapar,
1993, Filsafat Politik Aristoteles, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
g.
Schmandt,
Henry J, 2002, Filsafat Politik-Kajian Historis Dari Zaman Yunani Kuno
Sampai Zaman Modern, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
h.
Van
Peursen, 2003, Menjadi Filusuf, Qalam, Yogyakarta
F.
KOMPONEN
PENILAIAN
1. Kehadiran :
10%
2. Tugas Mandiri : 20%
3. UTS/Praktikum :
30%
4. UAS :
40%
Proses
|
Penanggung
Jawab
|
Tanggal
|
|
Nama
|
Tandatangan
|
||
1.Perumusan
|
Dosen
Pengampu :
Asbullah
Muslim, S.Fil.I, M.Pd.I
|
||
2.Pemeriksaan & Persetujuan
|
Ketua Prodi :
Asbullah
Muslim, S.Fil.I, M.Pd.I
|
||
3.Penetapan
|
Wakil Ketua :
Lalu A
Hery Qusyairi, M.Pd.
|
0 comments:
Post a Comment