Penggiat Pendidikan dan Budaya

Yayasan Elkatarie

Friday, April 28, 2017

RPS Pengantar Filsafat



SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH
STIT PALAPA NUSANTARA LOMBOK NTB
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Nomor
: 01/PGMI/IX/2016
Tgl Penetapan
: 14 September 2016
Tgl Revisi
: 15 September 2015
Waktu
: -

A.       IDENTITAS
1.       Jurusan / Prodi                         : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
2.       Nama Mata Kuliah *)                 : Pengantar Filsafat
3.       Kode Mata Kuliah         *)         :
4.       Semester / SKS                       : I / 2
5.       Jenis Mata Kuliah                     : Wajib
6.       Prasyarat *)                              : -
7.       Dosen / Tim Dosen                   : Asbullah Muslim, S.Fil.I, M.Pd.I

B.       CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
1.       Sikap:
a.       Mahasiswa mampu berpikir secara kritis, mendalam, dan sisematis.
b.       Mahasiswa mampu bersikap bijaksana dalam memandang segala sesuatu dengan memperhatikan unsur hakikat dari segala sesuatu.
c.       Mahasiswa mampu membawa dan memposiskan diri ditengah penerimaan dan penolakan Islam terhadap filsafat.
2.       Pengetahuan:
a.       Mahasiswa mengetahui metode berpikir filosofis.
b.       Mahasiswa mengetahui perkembangan pemikiran filsafat dari filsafat Yunani kuno sampai dengan terjadinya kontak antara filsafat Yunani dengan Islam.
c.       Mahasiswa mengetahui kritik tokoh Islam terhadap pemikiran filsafat yunani Kuno serta internallisasi paham filsafat kedalam Islam.
3.       Keterampilan:
a.       Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan lahirnya filsafat Yunani, perkembangannya sampai dengan terjadinya kontak antara filsafat Yunani dengan Islam.
b.       Mahasiswa mampu mengkritisi setiap konsep pemikiran filsuf.
c.       Mahasiswa mampu mengaplikasikan metode berpikir secara filosofis dalam memberikan argumentasi terhadap sesuatu.




C.       DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Pengantar Filsafat ini, memiliki bobot dua SKS. Oleh karena mata kuliah ini merupakan sebuah pegantar, maka yang dibahas dalam mata kuliah ini merupakan bentuk penjelasan mengenai filsafat yang bersifat dasar. Meliputi pengertian filsafat, metode filsafat, manfaat mempelajari filsafat dan seterusnya. Pada mata kuliah ini juga dibahas sejarah lahirnya filsafat Yunani, perkembangan filsafat Yunani, sampai dengan terjadinya kontak antara filsafat Yunani dengan Islam. Kemudain pada akhir perkuliahan dibahas pula pemikiran filsafat Ilsam dari filsuf muslim al-Kindi, serta dibahas pula kritik tajam al-Ghazali terhadap para filosof guna memperkaya kahazanah pengetahuan mahasiswa.

D.       MATRIKS PEMBELAJARAN

No.
Perte-
muan ke
Tujuan
Pembelajaran
Materi
Perkuliahan
Bentuk Perkuliahan
Penilaian
Referensi
Metode/media/ sumber belajar
Aktivitas Mahasiswa
Indikator
Jenis
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
1
1
Mahasiswa mengetahui pengertian filsafat, ciri berfikir, metode berfikir, faedah, sistematika pembagian filsafat dan aliran-aliran filsafat.
Konsep Umum Filsafat
§  Pengertian filsafat (etimologi, terminologi)
§  Ciri berfikir filsafat
§  Metode berfikir filsafat
§  Faedah mempelajari filsafat
§  Sistematika pembagian filsafat
§  Aliran-aliran di dalam filsafat
Presentasi, tanya-jawab/ makalah, laptop, proyektor/ ceramah.
Mahasiswa mempelajari pengertian filsafat, ciri berfikir, metode berfikir, faedah, sistematika pembagian filsafat dan aliran-aliran filsafat.
Menjelaskan definisi, faedah, cara mempelajari, ciri berfikir filsafat, dan metode berfikir filsafat .
Penugasan (Resume)
Presentasi
(diskusi kelas
post test
Lihat daftar referensi wajib dan referensi pendukung
2
2
Mengertahui lahirnya dan konsep pemikiran filsafat Yunani, perbedaan mythos dan logos, serta hubungan antara filsafat, agama dan ilmu pegetahuan.
Filsafat Yunani
§  Kelahiran Filsafat di Yunani
§  Antara Mythos dan Logos
§  Hubungan Filsafat, agama dan ilmu pengetahuan.
Presentasi, diskusi, ceramah/ laptop, proyektor
Mahasiswa mengkaji dan menganalisa lahirnya dan konsep pemikiran filsafat Yunani, perbedaan mythos dan logos, serta hubungan antara filsafat, agama dan ilmu pengetahuan.
Mahasiswa mampu memahami lahirnya dan konsep pemikiran filsafat Yunani, perbedaan mythos dan logos, serta hubungan antara filsafat, agama dan ilmu pengetahuan
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
Lihat daftar referensi wajib dan referensi pendukung
3
3
Mengetahui pemikiran filsafat Yunani sebelum Sokrates.
Filsafat pra-Sokrates
§  Filsafat Alam (aliran Monisme)
§  Thales
§  Anaximandros
§  Anaximenes
§  Heraklietos
Presentasi, tanya-jawab/ makalah, laptop, proyektor/ ceramah.
Mahasiswa mempelajari pemikiran tokoh-tokoh filsafat Yunani sebelum Sokrates.
Mahasiswa memahami aliran filsfat pra-Sokrates, konsep filsafat alam, serta beberapa tokoh pra-Sokrates
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
Lihat daftar referensi wajib dan referensi pendukung
4
4
Mengetahui konsep pemikiran filsafat Pythagoras, da n aliran-alirannya.
Pythagoras dan Alirannya
§  Filsafatnya tentang Manusia
§  Filsafatnya tentang  Alam
§  Filsafat Matematika
Presentasi, diskusi, ceramah/ laptop, proyektor
Mehasiswa mengkaji konsep pemikiran filsafat Pythagoras, da n aliran-alirannya.
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep pemikiran Pythagoras, serta aliran filsafatnya (filsafat manusia, alam, dan matematika)
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
Lihat daftar referensi wajib dan referensi pendukung
5
5
Mengetahui peta pemikiran filsafat alam kembali (kaum pluralis)
Filsafat Alam Kembali (Kaum Pluralis)
§  Ajaran tentang Empat Unsur
§  Ajaran Mengenai Cinta dan Benci
Presentasi, tanya-jawab/ makalah, laptop, proyektor/ ceramah.
Mahasiswa mempelajari peta pemikiran filsafat alam kembali (kaum pluralis) dan ajarannya.
Mahasiswa memahami peta pemikiran filsafat alam kembali (kaum pluralis) berikut ajarannya tentang empat unsur, cinta dan benci.
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
Lihat daftar referensi wajib dan referensi pendukung
6
6
Mengetahui pemikiran Sokrates, masa peralihan, metode dan ajaran Sokrates.
Filsafat Sokrates (Masa Peralihan dari Filsafat Alam ke Filsafat Manusia dari Ontologi ke Epistemologi)
§  Kaum Sofis (Kelahiran dan Pemikiran Kaum Sofis)
§  Metode Sokrates: Kritis dan Dialektis
§  Ajaran Etika
Presentasi, diskusi, ceramah/ laptop, proyektor
Mahasiswa menganalisa pemikiran Sokrates, masa peralihan, metode dan ajaran Sokrates
Mahasiswa memahami alur peralihan filsafat alam (ontologi-epistemologi), kelahiran kaum sofis, metode dan ajaran Sokrates tentang etika.
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
Lihat daftar referensi wajib dan referensi pendukung
7
7
UTS
8
8
Mengetahui pemikiran filsafat Plato, teori dan konsep-konsepnya.
Plato
§  Teori Tentang Idea
§  Etika
§  Negara Ideal
Presentasi, tanya-jawab/ makalah, laptop, proyektor/ ceramah.
Mahasiswa mempelajari dan menganalisa pemikiran filsafat Plato, teori dan konsep-konsepnya.
Mahasiswa mampu menjelaskan pemikiran filsafat Plato, teori dan konsep-konsepnya (tentang idea, etika, dan negara ideal)
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
Lihat daftar referensi wajib dan referensi pendukung
9
9
Mengetahui pemikiran filsafat Aristoteles, ajaran dan teori-teorinya.
Aristoteles (Bapak Logika Tradisonal)
§  Logika
§  Fisika
§  Jiwa
§  Metafisika
§  Etika
Presentasi, diskusi, ceramah/ laptop, proyektor
Mahasiswa mengkaji pemikiran filsafat Aristoteles, ajaran dan teori-teorinya.
Mahasiswa memahami pemikiran filsafat Aristoteles, ajaran dan teori-teorinya (tentang logika, fisika, jiwa, metafisika dan etika.
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
Lihat daftar referensi wajib dan referensi pendukung
10
10
Mengetahui pemikiran filsafat Neo Platonisme (pembaru pemikiran Plato)
Filsafat dan Agama (Neo Platonisme)
§  Teori Emanasi Tentang Penciptaan
Presentasi, tanya-jawab/ makalah, laptop, proyektor/ ceramah.
Mahasiswa mempelajari pemikiran filsafat Neo Platonisme (pembaru pemikiran Plato)
Mahasiswa mampu memahami pemikiran filsafat Neo Platonisme (pembaru pemikiran Plato) serta teori emanasi.
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
Lihat daftar referensi wajib dan referensi pendukung
11
11
Mengetahui permulaan kontak Islam dengan Ilmu pengetahuan dan filsafat Yunani, serta memahami kosnsep pemikiran beberapa filosof muslim.
Kontak pertama antara Islam dan ilmu pengetahuan dan filsafat Yunani.
§  Filsafat Islam Ya’kub ibnu Ishaq al-Kindi
§  Abu Hamid Muhammad al-Ghazali (kritik terhadap filosof-filosof, dan tiga golongan manusia)
Presentasi, diskusi, ceramah/ laptop, proyektor
Mahasiswa mempelajari sejarah permulaan kontak Islam dengan Ilmu pengetahuan dan filsafat Yunani, serta memahami kosnsep pemikiran beberapa filosof muslim.
Mahasiswa memahami sejerah permulaan kontak Islam dengan Ilmu pengetahuan dan filsafat Yunani, serta memahami kosnsep pemikiran beberapa filosof muslim (al-Kindi dan al-Ghazali).
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
Lihat daftar referensi wajib dan referensi pendukung
12
12
Memahami Ihtisar Filsafat Barat Moderen
Filsafat Barat Modern :
1.       Rasionalisme
2.       Empirisisme
Presentasi, diskusi, ceramah/ laptop, proyektor
Mahasiswa mempelajari Definisi, Sejarah pemikiran dan tokoh-tokoh penganut Rasiooonalisme dan empirisisme.
Mahasiswa memahami Definisi, Sejarah pemikiran dan tokoh-tokoh penganut Rasiooonalisme dan empirisisme
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance
Lihat daftar referensi wajib dan referensi pendukung
13
13
Memahami Ihtisar Filsafat Barat Moderen
Filsafat Barat Modern :
1.       Positivisem
2.       Eksistensialisme
Presentasi, diskusi, ceramah/ laptop, proyektor
Mahasiswa mempelajari Definisi, Sejarah pemikiran dan tokoh-tokoh penganut Positivisme dan Eksistensialisme.
Mahasiswa memahami Definisi, Sejarah pemikiran dan tokoh-tokoh penganut Positivisme dan Eksistensialisme
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance


Lihat daftar referensi wajib dan referensi pendukung
14
14
Memahami Ihtisar Filsafat Barat Moderen
Filsafat Barat Modern :
1.       Kritisisme
2.       Pragmatisme
Presentasi, diskusi, ceramah/ laptop, proyektor
Mahasiswa mempelajari Definisi, Sejarah pemikiran dan tokoh-tokoh penganut Kritisisme dan Pragmatisme.
Mahasiswa memahami Definisi, Sejarah pemikiran dan tokoh-tokoh penganut Kritisisme dan Pragmatisme
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance


Lihat daftar referensi wajib dan referensi pendukung
15
15
Memahami Ihtisar Filsafat Barat Moderen
Filsafat Barat Modern :
1.       Fenomenologi
2.       Posmodernisme
Presentasi, diskusi, ceramah/ laptop, proyektor
Mahasiswa mempelajari Definisi, Sejarah pemikiran dan tokoh-tokoh penganut Fenomenologi dan Posmodrenisme.
Mahasiswa memahami Definisi, Sejarah pemikiran dan tokoh-tokoh penganut Fenomenologi dan Posmodrenisme
Makalah, partisipasi (feed back), dan performance


Lihat daftar referensi wajib dan referensi pendukung
16
16
UAS

E.        REFERENSI
1.       Wajib.
a.      Atang Abdul hakim, 2008, Filsafat Umum, Pustaka setia, Bandung
b.       Betrand Russel, 2007, Sejarah Filsafat Barat , Pustaka Pelajar, Yogyakarta
c.       Harold Titus, 1984, Persoalan Filsafat, Bulan Bintang, Jakarta
d.       Harun Nasution, Falsafat dan Mistisisme dalam Islam, cet. ke-12, (Jakarta: Bulan Bintang), 2010.
e.       Noeng Muhadjir, 2003, Filsafat Islam Telaah Fungsional, Rake Serasun, Yogyakarta
2.       Pendukung.
a.       Dewey, John, 1998, Budaya dan Kebebasan: Ketegangan antara Kebebasan Individu dan Aksi Kolektif , terj. A. Rahman Zainuddin, Jakarta: YOI
b.       Don Ihde, 2012, Filsafat Tekhnologi, Gramedia, Yoggyakarta
c.       Hadi, Hardono, 1996, Jati Diri Manusia (Berdasar Filsafat Organisme Whitehead), Yogyakarta: Kanisisus
d.       Hasan, Fuad, 1992, Berkenalan Dengan Eksistensialisme, Jakarta: Pustaka Jaya
e.       Khuddori Soleh,  2004, Wacana Baru filsafat Islam, Pustaka Pelajar Yogyakarta
f.        Rapar, 1993, Filsafat Politik Aristoteles, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
g.       Schmandt, Henry J, 2002, Filsafat Politik-Kajian Historis Dari Zaman Yunani Kuno Sampai Zaman Modern, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
h.       Van Peursen, 2003, Menjadi Filusuf, Qalam, Yogyakarta

F.        KOMPONEN PENILAIAN
1.       Kehadiran                                : 10%
2.       Tugas Mandiri                          : 20%
3.       UTS/Praktikum                                    : 30%
4.       UAS                                        : 40%

Proses
Penanggung Jawab
Tanggal
Nama
Tandatangan
1.Perumusan
Dosen Pengampu :
Asbullah Muslim, S.Fil.I, M.Pd.I


2.Pemeriksaan & Persetujuan
Ketua Prodi :
Asbullah Muslim, S.Fil.I, M.Pd.I


3.Penetapan
Wakil Ketua :
Lalu A Hery Qusyairi, M.Pd.




Share:

0 comments:

Post a Comment

SINTA

GOOLE SCOLAR

GOOLE SCOLAR
scolar penulis

JURNAL ELKATARIE

Flag Conter

Flag Counter

Hiburan

KUNJUNGI

SANDIWARA RADIO

SANDIWARA RADIO MARI DENGARKAN sandiwara radio yang semakin lama makin memudar Babad Tanah Leluhur 1. Api Berkobar Di karang Sedana ...

RISTEK DIKTI

Kopertais surabaya

About Me

PEDULI TERHADAP PENDIDIKAN DAN BUDAYA